Sanggar Seni 12 Juli

Sanggar Seni 12 Juli merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa(UKM) yang bergerak di bidang kesenian, dan merupakan wadah bagi mahasiswa untuk menyalurkan bakat dan minat dibidang seni, manajemen dan keorganisasian bagi mahasiswa Institut Koperasi Indonesia dengan berlandaskan sebagai organisasi yang formal.

Sanggar Seni 12 Juli berdiri sejak 12 juli 1984 yang dirintis oleh beberapa alumni, Nama Sanggar Seni 12 Juli terispirasi dari hari jadi Koperasi Indonesia yang jatuh pada tanggal 12 Juli.

Pembina Sanggar Seni 12 Juli pada saat itu adalah H. Dandan Irawan S.E., M.Sc. Sanggar Seni 12 Juli lahir karena dorongan dari berbagai pihak di kampus Ikopin agar mahasiswa dapat menyalurkan minat dan bakatnya. Lewat wadah yang bergerak di bidang kesenian  ini mereka dapat menyalurkan minat dan bakatnya. Pada saat itu bentuk kegiatan berupa band dan teater dan masih berupa gabungan seni.

Pada tahun 1986 diadakan pementasan dengan judul ZOMBIE yang dinilai sukses. Adapun bentuk kegiatan lain yang berkembang adalah paduan suara yang dipelopori para penyanyi gereja angkatan 1985. Pada tahun 1988 tepat saat penutupan Mabim angkatan 1988 tampak beberapa jenis kesenian dipentaskan yang di antaranya tari, puisi, vocal, band dan lainnya akan tetapi dengan keadaan Sanggar Seni 12 Juli yang masih berbentuk sebuah gabungan seni. Setelah itu, Tanzil Azharie dan Heri Satmoko membawa Sanggar Seni 12 Juli melancong ke daerah Cirebon dalam pementasan ZOMBIE yang pada kala itu diundang  oleh Teater Delta pada Desember 1988 dan sejak saat itu keadaan Sanggar Seni 12 Juli mulai stabil sampai dengan tahun 1991 untuk pertama kalinya pengukuhan dilakukan.

Pada tahun 1992 dan akhir tahun 1991 dikukan pembentukan kepengurusan Sanggar Seni 12 Juli yang baru sehingga unit-unit  Sanggar Seni 12 Juli terbagi secara tertulis unit tersebut ialah unit paduan suara, unit tari, unit teater, dan unit band. Kegiatan mulai tersusun dan teroganisir dengan baik dan pada tahun 1993 pengukuhan untuk pertama kalinya dilaksanakan diluar kampus Institut Koperasi Indonesia sampai sekarang.

Selepas dari kevakuman, tahun 2009 Sanggar Seni 12 Juli mulai kembali mengepakan sayapnya, dengan diawalinya demo UKM dan perekrutan anggota baru. Fitra Ramadhan sebagi motoris utama yang mulai memunculkan kembali Sanggar Seni 12 Juli di tahun 2009. Sanggar Seni 12 Juli mulai berjalan lagi sebagai mana mestinya dikarenakan tahun 2009 dibentuknya kembali kepengurusan baru, dan munculnya divisi seni rupa. Dan sampai sekarang Sanggar Seni 12 Juli terdiri dari 4 divisi diantaranya yaitu divisi seni rupa, seni musik, seni tari, dan teater.