Boxer

Sejarah

Satuan latihan institut manajemen koperasi indonesia di bentuk tahun 1988 oleh kang Noves. Dan pada tahun 1990 di lanjutkan estapet kepelatihan IKOPIN oleh kang Yayan Hartayan yang sekarang melatih di pelatda Aceh. Estapet kepelatihan IKOPIN kembali berpindah pada tahun 1996 dan di pegang oleh kang Dadan Darmawan yang asli hasil binaan dari satlat IKOPIN. Karena tuntutan untuk mengembangkan Tarung Derajat di Universitas lain maka kang Dadan pada tahun 2002 menyerahkan tongkat estapet kepelatihan kepada kang Ohan. Dan sampai saat ini satlat IKOPIN masih di latih oleh kang Ohan, tapi pelatih utama tetap di pegang oleh kang Yayan Hartayan. Sekretariat satlat IKOPIN beralamat di Gedung FMK IKOPIN Jl.Raya Jatinangor,20 Cikeruh-Sumedang,Jawa Barat. Waktu latihan setiap hari senin & kamis jam 4 sore sampai selesai bertempat di gedung Graha Suhardani IKOPIN dan Selasar FMK-FMS Ikopin.

 Satlat IKOPIN beranggotakan seluruh civitas akademika IKOPIN yang mau mempelajari dan menguasai ilmu beladiri Tarung Derajat. Sejarah panjang perjalanan satlat ikopin yang sedemikian lama dan mungkin salah satu satlat tertua di indonesia. Berdirinya pada tahun 1988 dan tetap exist sampai sekrang. Dengan umur yang sudah mencapai 29 tahun satlat IKOPIN sudah banyak melahirkan Petarung-petarung tingkat regional dan nasional yang telah menorehkan banyak prestasi yang membanggakan binaan asli dari satlat IKOPIN.

Lingkup Kegiatan

Kegiatan TARUNG DERAJAT SATLAT IKOPIN dilaksanakan pada pokok-pokok ajaran olahraga Tarung Derajat dengan menerapkan 5 (lima) unsur daya gerak yaitu kekuatan, kecepatan, ketepatan, keberanian, dan keuletan.

Kegiatan yang dilaksanakan TARUNG DERAJAT SATLAT IKOPIN diantaranya adalah :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan latihan beladiri berdasarkan pokok-pokok ajaran olahraga Tarung Derajat.
  2. Pendidikan dan latihan yang diberikan meliputi :
    1. Latihan olahraga untuk memiliki teknik-teknik gerakan reaksi cepat, dan bertahan menyerang yang praktis dan efektif.
    2. Pendidikan dan latihan otak untuk memiliki taktik dan strategi beladiri.
    3. Pendidikan khusus jiwa agar memiliki mental baja sebagai ksatria pejuang dan pejuang ksatria.
  3. Menyelenggarakan latihan alam dan latihan gabungan antar satuan latihan di tempat yang dapat digunakan untuk menempa diri.
  4. Menyelenggarakan demo olahraga Tarung Derajat, pagelaran, pameran, rapat kerja, dan kegiatan lainnya dalam rangka pengembangan TARUNG DERAJAT SATLAT IKOPIN.
  5. Menyelenggarakan pertandingan dan atau kejuaraan di tingkat cabang, daerah, wilayah, dam nasional.
  6. Mengkoordinir anggota yang mengikuti ujian kenaikan tingkat.
  7. Pengabdian masyarakat dalam rangka membina dan menyelaraskan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan beragama.

Syarat Keanggotaan

Anggota TARUNG DERAJAT SATLAT IKOPIN yaitu seluruh civitas akademika IKOPIN :

  1. yang memiliki minat untuk mempelajari olahraga Tarung Derajat dengan mendaftarkan diri di TARUNG DERAJAT SATLAT IKOPIN yang syarat pendaftarannya diatur dalam peraturan organisasi.
  2. Sanggup menerima dan mengamalkan pokok-pokok ajaran olahraga Tarung Derajat dan segala peraturan organisasi.
  3. Sanggup aktif mengikuti program latihan dan segala kegiatannya.